Review Sony VAIO EC Series (VPCEC490X) – Notebook – Laptop

Review Sony VAIO EC Series (VPCEC490X) - Notebook - Laptop
Berita teknologi terbaru, Sony VAIO menghadirkan sebuah notebook berlayar lebar kategori pengganti desktop, ia adalah Sony VAIO EC (VPCEC490X), notebook 17.3-inch ini dilengkapi dengan prosesor Core i3 dan grafis ATI, menyediakan banyak tenaga untuk tugas-tugas sehari-hari disamping video game.

Desain
Desain VAIO EC tidak begitu menyolok seperti notebook Sony lainnya seperti Seri M, tapi secara keseluruhan terlihat bersih. Laptop dengan tutup hitam matte sporty dan dek hitam glossy dengan bintik / perak yang mengkilau ketika memantulkan cahaya.

Ukuran 16.1 x 10.8 x 1,3 inci, VAIO EC tidak setipis MacBook Pro 17-inch, tapi itu jauh lebih sedikit chunky daripada si rakasa 18-inci Toshiba X505 . Dengan berat 6,8 pund, VAIO EC juga termasuk ringan untuk pengganti desktop, jika dibandingkan dengan HP Envy 17 in beratnya malah sebesar 7,5 kilogram.

Panas
Di sebagian besar area notebook, VAIO EC cukup dingin. Suhu antara tombol G dan H dan touchpad adalah 88 dan 83 derajat setelah menonton klip video selama 15 menit. Bagian tengah bawah hanya mencapai 84 derajat. Daerah pada lubang panas mencapai 108 derajat

Keyboard dan Touchpad
Komisi VAIO EC menawarkan keyboard yang besar dan nyaman serta terdapat sekelompok tombol angka di sisi kanan. Dengan tombol tombol yang besar leluasa bisa melakukan pengetikan cepat dan nyaman.

Permukaan sentuhan berlesung pipit dan mudah untuk ditemukan tanpa harus melihat, tapi ditemukan aplen touchpad agak miring. jadi perlu hati hati untuk menggeser touchpad agar tidak bergeser pada luar area. Dua tombol mouse berbeda namun kenyal dan responsif.

Tampilan dan Audio
Sony VAIO EC dilengkapi dengan layar 1600 x 900 tajam dan berwarna-warni. Sayangnya, tampilan glossy memiliki sudut pandang yang cukup sempit. Saat melihat dari 10 hingga 20 derajat dari depan dan pusat membuat beberapa distorsi warna. Kami juga harus memiringkan layar ke bawah ketika menonton video sejauh beberapa meter, sehingga kurang nyaman berbagi layar dengan lebih dari dua orang.

Speaker berada di atas dek dan menghadap ke atas, untuk audio jernih. Sayangnya, volume VAIO itu tidak kuat seperti yang kita inginkan.

Port dan Webcam
Sony VAIO EC memiliki tiga port USB yang terletak di kanan depan dan satu USB combo / port eSATA di sebelah kiri. Anda juga akan menemukan plus HDMI VGA, slot ExpressCard/34, SD Card, Memory Stick, dan sebuah DVD drive.
review sony vaio ec
review sony vaio ec
Webcam notebook ini tidak begitu mengesankan. Satu-satunya kabar baik di bagian depan ini adalah ArcSoft Webcam Companion, yang mencakup efek menyenangkan dan ditambah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah webcam menjadi sistem monitoring.
review sony vaio ec

Kinerja
Sony VAIO EC hadir dengan Intel Core i3-380M 2.53-GHz dan RAM 4GB memperoleh skor 5.453 pada PCMark Vantage, yang mengukur kinerja secara keseluruhan. Ini bukan yang terbaik untuk rata-rata pengganti desktop yang skornya 5.725, Skor itu juga kalah dengan NV7901u Gateway dengan skor 5814 ($ 849/Core i5), tapi masih lebih baik dari Toshiba Satellite A665 ($ 899/Core i5), yang hanya mendapat skor 5.224.

Bagi pengguna yang mencari notebook yang bisa menangani beberapa video editing ringan akan senang dengan kecepatan VAIO EC itu. ia hanya butuh 1 menit dan 5 detik untuk melakukan transkode sebuah klip MPEG-4 114MB ke AVI.

Graphics
Kartu grafis VAIO EC – ATI Mobility Radeon HD 5470 dan 512MB VRAM – mendapatkan skor 4.112 pada 3DMark06. Hal ini jauh di bawah rata-rata (7995), dibandingkan dengan A665 Satellite berskor 7.002 dengan kartu NVIDIA GeForce GT330M/1GB, dan NV Gateway dinilai lebih tinggi dengan skor 7.418 dengan kartu ATI Mobility Radeon HD 5650/512MB
Namun, Masih bisa untuk bermain game mainstream di klip yang layak. Ketika kami bermain World of Warcraft pada resolusi penuh (1600 x 900) kami melihat frame rate dari 37 fps dengan pengaturan yang baik (pengaturan dianjurkan).

Daya tahan baterai dan Wireless
Mampu bertahan 2 jam dan 54 menit, tapi itu lebih baik daripada rata-rata pengganti desktop dengan waktu 02:40. Toshiba Satellite A665 memiliki daya tahan yang hampir sama (2:55), dan NV Gateway melakukan sedikit lebih baik yang mampu sampai 3 jam.

Dengan kartu Wi-Fi Atheros AR9285 802.11 laptop VAIO EC ini di bawah rata-rata throughput. Pada 15 kaki dari router kita, mentransfer data dengan kecepatan 30,3 Mbps, tepat di bawah rata-rata 31 Mbps. Pada 50 kaki, throughput turun menjadi 14,3 Mbps, 5 Mbps lebih lambat dibanding rata-rata pengganti desktop.

Garansi
Untuk garansi Sony VAIO EC bergaransi standar yaitu satu tahun

Kesimpulan
Dengan harga $ 749 VAIO EC cukup terjangkau untuk notebook Sony, namun apakah itu cukup bagus? Tidak bisa dipungkiri bahwa ia dihadirkan dengan keyboard dan kinerja yang cukup bagus untuk mendukung produktivitas dan video game mainstream. Namun, ada pilihan yang lebih baik di luar sana. Seperti Dell Inspiron 17R dengan spesifikasi yang sama (Core i3 CPU, ATI Mobility Radeon HD 5740 graphics, 4GB RAM, dan hard drive 500GB) dapat berhemat $ 50, atau Toshiba L670 dengan prosesor i5 lebih kuat Core, terintegrasi grafis, 4GB RAM, dan hard drive 500GB.

review oleh K.T. Bradford, latopmag.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *