Review Laptop Asus U31SD-A1 – Desain – Kinerja – Daya Tahan Baterai

Review Laptop Asus U31SD-A1 - Desain - Kinerja - Daya Tahan Baterai

Laptop asus U31SD A1 telah memiliki tutup aluminium yang ramping dan dengan interior dua warna seperti saudaranya Asus U31JG dan U41JF. Bagian dek atas dilapisi dengan plastik glossy hitam dengan corak berlian yang menarik pada bagian atas keyboard.
Review Laptop Asus U31SD-A1 - Desain - Kinerja - Daya Tahan Baterai
Laptop ini berukuran 12,9 x 9,1 x 1-1,12 inci dan berat 4,2 £, ukuran dan berat Asus U31SD-A1 hampir sama dengan Acer Aspire TimelineX 3830TG, cukup mudah dan ringan untuk dimasukkan ke dalam tas.

Keyboard dan Touchpad  Asus U31SD-A1

ASus U31SD A1 memiliki keyboard bergaya pulau yang besar dengan jarak antara tombol yang lega. Tombol hitam yang besar memberikan manfaat yang layak. cukup banyak ruang untuk mengetik dengan pengecualian tombol Shift Kanan berukuran kecil, yang menyebabkan sejumlah kesalahan.

Touchpad Synaptics yang berukuran 3,1 x 1,75 inci pada Asus U31SD A1 tidak menawarkan sejumlah kemawahan. Namun, permukaannya halus dan responsif, sehingga mudah untuk navigasi situs dan menyorot teks. Gerakan multitouch seperti pinch-to-zoom dan rotasi dua-jari sama-sama responsif, tapi penguji mengalami kesulitan ketika memutar dan tiga jari untuk bekerja pada percobaan pertama.

Tombol bawah touchpad pada ASUS U31SD-A1 juga bekerja dengan baik .

Review Laptop Asus U31SD-A1 - Desain - Kinerja - Daya Tahan Baterai

Port dan Webcam

Sisi kanan Asus U31SD A1 memiliki dua port USB 2.0, 5-in-1 card reader, HDMI, VGA, dan Ethernet. port lain seperti USB 2.0, jack headphone, jack mikrofon, kunci pengaman Kensington , dan colokan listrik terletak di kiri notebook.

Kamera 0,3 megapiksel mampu menangkap gambar yang jelas tapi sedikit gelap di pencahayaan alami. Kami dibatasi untuk menangkap gambar dan video pada 640 x maksimum 480p menggunakan software ASUS LifeFrame. Selama sesi Skype kita, penelepon kami melaporkan video dan audio yang jelas .

Panas  Asus U31SD-A1

Setelah Streaming video Hulu selama 15 menit, Asus U31SD-A1 mampu mempertahankan kesejukan pada sebagian besar bagian laptop. Touchpad mencatat 77 derajat Fahrenheit . Ruang antara tombol G dan H mencapai 88 derajat, sementara bagian bawah notebook terdeteksi 91 derajat yang hangat. Suhu terpanas pada bagian lubang bawah yang mencapai suhu 100 derajat, 5 derajat lebih panas dari apa yang dianggap nyaman.

Tampilan dan Audio
Asus U31SD-A1 memiliki layar Glossy 13,3 inci yang dikelilingi Bezel hitam dengan resolusi 1366 x 768 dan. Teks pada layar tampak tajam dan mudah dibaca, namun ketika menampilkan gambar tampak datar dan agak sedikit kasar. Ketika diuji oleh tim laptopmag.com untuk menonton sebuah video hasilnya mengecewakan.
Audio pada Asus U31D terdengar hampa dan diredam, meskipun telah dilengkapi dengan speaker Altec Lansing yang berada di bibir depan laptop, suara musik tidak bisa mengisi penuh sebuah ruangan kecil. Ketika penguji dari laptopmag menggunakan software Asus Sonic Focus untuk membuat penyesuaian namun tidak berhasil. Focus Sonic bisa bekerja efektif ketika menggunakan headphone.

Kinerja  Asus U31SD-A1

Dalam hal kinerja, Asus U31SD-A1 tidak akan menang jika dibandingkan dengan laptop sejenis dari merk lain, namun dengan prosesor generasi kedua intel core i3-2310 M 2.1 Ghz dan Ram 4 GB sudah dapat digunakan untuk pekerjaan sehari-hari. Pada PCMark Vantage, Asus u31SD-A1 mencetak skor 4.177. skor ini 1.484 poin di bawah rata-rata laptop tipis dan ringan (5.661). Ketika pengujian nyata, ASUS mampu mengerjakan beberapa tugas seperti streaming video web, menampilkan beberapa browser dengan jendela yang terbuka, dan menjalankan scan virus.

Dengan hard drive 640 GB, 5400 rpm, Asus U31SD-A1 membutuhkan waktu 71 detik untuk boot windows 7 home premium 64 bit, ini di bawah rata-rata yang hanya membutuhkan waktu 65 detik. Ketika diuji transfer file dengan menggandakan folder 4.97 GB diperoleh kecepatan 18,3 Mbps, jauh dibawah rata-rata (26,1 MBps).
Laptop ini juga membutuhkan waktu 1 menit 9 detik untuk transcode video AVI 114 mb dengan Oxelon Media Encoder, juga di bawah rata-rata yang hanya memperlukan waktu 57 detik. Acer Timeline 3830TG hanya membutuhkan waktu 49 detik, sedangkan ideapad Z370 hanya 45 detik.

Review Laptop Asus U31SD-A1 - Desain - Kinerja - Daya Tahan Baterai

Grafis  Asus U31SD-A1

Grafis pada Asus U31SD-A1 ditenagai dengan Nvidia GeForce GPU GT520M diskrit dengan memori 1 GB. Pada tes 3DMark06, ASUS mencetak 5.191, paling baik dari rata-rata laptop (3894) dan Lenovo IdeaPad Z370 (4578) yang hanya memiliki grafis terintegrasi Intel. Namun Acer TimelineX 3830TG mencetak 8.040 yang mengesankan, karena dengan Nvidia GeForce GT 540M GPU.

Daya tahan baterai
Dalam hal daya tahan baterai, Asus u31SD-A1 mampu menjadi yang terbaik. Ketika diuji oleh tim laptopmag dengan browsing internet via wifi, baterai 8 cell pada laptop Asus U31SD-A1 mampu berlangsung 9 jam 39 menit, ini hampir dua kali lebih lama dari rata-rata laptop yang tipis (5 jam 6 menit). Jauh di atas Acer Aspire TimelineX 3830TG yang hanya mampu berlangsung 6 jam 58 menit.

ExpressGate dan Instant On

Seperti notebook ASUS lainnya, Asus U31SD memiliki sistem operasi linux instan yang disebut ExpressGate, ExpressGate dapat gunakan untuk browsing atau melakukan tugas tugas ringan, Panel utama pada ExpressGate menyediakan Google chrome, foto, kalender, musik, video dan game. ExpressGate yang membutuhkan 13 detik untuk boot.

Asus U31SD-A1 telah dibundel dengan sejumlah perangkat lunak, seperti ASUS FancyStart, ASUS WebStorage, Power4Gear dan . ASUS Game Park.
Dilengkapi juga dengan ASUS Vibe Fun Center; pusat multimedia berguna untuk men-download game, mendengarkan sampel musik, dan bahkan belajar beberapa bahasa china. Dan perangkat lunak pihak ketiga seperti Google Chrome, Windows Office Starter, Nuance PDF Reader, dan versi trial dari Trend Titanium rity Sekhu-Micro Internet.
Asus memberikan garansi dua tahun untuk suku cadang dan tenaga kerja dan garansi satu tahun untuk kerusakan yang disengaja.

Kesimpulan
ASUS U31SD-A1 adalah sebuah laptop 13-inch menarik dengan kinerja secara keseluruhan yang cukup layak, baik kekuatan grafis, dan masa pakai baterai yang luar biasa. Namun secara keseluruhan, penguji lebih memilih Acer Aspire Timeline 3830TG, meskipun baterai tidak sehebat Asus U31SD-A1, namun Acer Aspire Timeline 3830TG, menawarkan kinerja yang lebih baik, seperti prosesor Core i5 dan grafis Nvidia GeForce GT 540M GPU.

Namun jika kamu lebih mementingkan daya tahan baterai dibandingkan kinerja, kamu bisa memilih Asus U31SD-A1.

referensi : laptopmag.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *