Virus Trojan Android Kini Mampu Mencuri Daftar Panggilan dan Pesan

Virus Trojan Android Kini Mampu Mencuri Daftar Panggilan dan Pesan

Virus Trojan Android Kini Mampu Mencuri Daftar Panggilan dan Pesan
Berita teknologi terbaru, penjahat online telah mendaur ulang kemampuan Trojan Android yang kejam menjadi lebih berbahaya dan dapat merusak jutaan pengguna smartphone Platform Android

Trojoan ini dikenal dengan sebutan Androidos_Dordrae.N, trojan ini adalah varian dari DroidDreamLight yang dimulai pada akhir mei lalu, tinggal 24 aplikasi android berbeda yang sah, dan ketika didownload didapatkanlah data sensitif antara 30.000 – 120.000 korban.
Perlu diketahui juga bahwa DroidDreamLight sendiri merupakan varian dari DroidDream, yang pada awal Maret bersembunyi ditemukan di lebih dari 50 aplikasi Android


Sementara DroidDream dan DroidDreamLight mampu mencuri data pengguna ponsel android dan mendownload kode berbaya ke ponsel yang terinfeksei, Androidos_Dordrae memiliki kemampuan yang ditingkatkan untuk melangkah lebih jauh lagi.

perusahaan keamanan Trend Micro mengatakan, Kode varian baru telah dimodifikasi untuk mencuri jalan masuk pengguna Android, pesan teks keluar, log panggilan, daftar kontak ponsel dan informasi terkait dengan account Google yang tersimpan pada smartphone.

“Juga, berdasarkan kode, malware ini memiliki kemampuan untuk menyisipkan pesan dalam kotak masuk perangkat yang terinfeksi, dengan pengiriman dan isi pesan ditentukan oleh penyerang, serta kemampuan untuk mengirim pesan ke nomor dalam daftar kontak pengguna , ” tulisTrend Micro.

Saat ini, Androidos_Dordrae menyebar melalui toko aplikasi mobile pihak ketiga terutama di Cina. Seperti Trojan yang mirip Androidos_Nickispy, yang bersembunyi di aplikasi Google + yang sah, dengan varian baru itu memungkingkan DroidDreamLight dengan mudah bisa menyebar ke Android Market AS.

Namun untungnya, para pembuat antivirus telah dipaksa untuk beradaptasi dan menciptakan solusi antivirus untuk ratusan juta pengguna yang dapat dipengaruhi oleh ancaman virus mobile. Beberapa perusahaan perangkat lunak keamanan mobile seperti AVG, Symantec, Lookout dan Kaspersky Lab , telah menyediakan antivirus smartphone yang bisa didownload di pasar aplikasi.

Untungnya, smartphone yang begitu umum sekarang bahwa anti-pembuat virus telah dipaksa untuk beradaptasi dan menciptakan solusi anti-virus untuk ratusan juta pengguna yang dapat dipengaruhi oleh ancaman mobile. Beberapa perusahaan perangkat lunak keamanan mobile, termasuk AVG,

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *