Review Laptop Acer Aspire S3 – Kinerja – Harga – Baterai – Spesifikasi

Review laptop Acer Aspire S3 - Kinerja - Harga - Baterai - Spesifikasi

Review laptop Acer Aspire S3 - Kinerja - Harga - Baterai - Spesifikasi
Sejak laptop Apple MacBook Air diluncurkan dengan desain yang super tipis, para produsen notebook mulai menggandrungi desain yang super tipis. Salah satunya adalah Acer yang juga menghadirkan laptop super tipis dengan Acer Aspire S3 dengan tutup aliminium dan berat 3 pon. Laptop tipis 13 inci ini dijual dengan harga $ 899, harga ini $ 200 lebih murah jika dibandingkan dengan Asus Zenbook UX31. Ingin tahu lebih banyak tentang Acer Aspire S3?  baca review lengkap Acer Aspire S3 dari laptopmag di bawah ini.

Desain Laptop Acer Aspire S3
Menurut laptopmag, setiap produsen notebook yang kepicut Macbook air akan membuatnya semirip mungkin dengan Macbook air, tidak terkecuali Acer. Namun Acer harus membuat beberapa pengorbanan untuk memberikan harga yang rendah, tidak ada duralim ataupun desain unibody pada ASpire s3 ini. Tutup Aspire s3 adalah aluminium, sedangkan dek bagian bawah terbuat dari platik yang berwarna perak, warna ini akan terlihat seperti desain unibody padahal tidak. di bagian bawah juga terdapat empat bantalan karet yang membuat laptop tidak mudah bergeser dari meja. Sementara itu di bagian belakang laptop terdepat beberapa port dan tempat pembuangan udara.

Ketebalan laptop ini hanya 0,51 sampai 0,6 inci, kurang lebih hampir sama dengan Macbook air yang memiliki ketebalan 0,11 sampai 0,68 inci. Sedangkan beratnya 3 pon, yang juga hampir sama dengan Macbook air dari Apple. Dengan ukuran setipis ini membuat Aspire S3 mudah untuk dimasukkan ke dalam tas.

Keyboard dan Touchpad Laptop Acer Aspire S3
Acer Aspire S3 menggunakan keyboard bergaya pulau, keyboard ini memang bukan yang terburuk namun sedikit kaku, hampir semua tombol dibuat besar kecuali tombol panah yang dibuat kecil. Penguji dari laptopmag melaporkan harus menekan lebih keras ketika mengetik.

Sementara itu Touchpad pada Aspire S3 menggunakan Elan ClickPad yang berukuran 3,4 x 2,5 inci, touchpad cukup responsif untuk melakukan gerakan multitouch seperti pinc-to-zoom. Dengan Elan pengguna dapat menyentuhkan empat jari untuk meminimize semua jendala. Asper S3 tidak menyediakan dua tombol mouse di bawah touchpad.

Layar dan Audio Laptop Acer Aspire S3
Aspire S3 menggunakan layar 13,3 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel, layar pada laptop ini menawarkan warna yang kurang nyata jika dibandingkan dengan pesaingnya seperi Asus UX31. Layar juga tidak memberikan sudut penglihatan yang luas, sehingga akan tidak nyaman jika beberapa orang menonton langsung di depan layar.

Untuk audio, ASpire S3 memberikan dua speaker yang terletak di sisi kanan dan kiri, suara yang dihasilkan oleh dua speaker ini cukup memadai. Laptop juga dilengkapi dengan utilitas Dolby Home Theater v4 yang secara otomatis akan menyesuaikan pengaturan audio berdasarkan apa yang sedang didengarkan.

Panas – temperatur Laptop Acer Aspire S3
Ketika diuji dengan memutar video Hulu di layar penuh selama 15 menit, suhu bagian bawah laptop mencapai 85 derajat fahrenheit, touchpad mencapai suhu 79 derajat dan ruang antara tombol G dan H mencapai suhu 81 derajat. Jadi suhu pada laptop ini masih bisa dikatakan nyaman.

Port dan Webcam  Laptop Acer Aspire S3
POrt yang tersedia di laptop super tipis ini antara lain, di sisi belakang terdapat dua port USB 2.0, port HDMI ukuran penuh, di sisi kanan terdapat permbaca kartu SD, lalu di sisi kiri terdapat colokan listrik. Laptop ini tidak menyediakan port VGA ataupun pembaca DVD

Webcam pada Aspire S3 berkekuatan 1,3 megapiksel. Webcam mampu menampilkan gambar yang cukup terang dan jernih. Ketika penguji dari laptop melakukan Video Chat dengan Google Chat, warna kulit tampak akurat dan suara yang sesuai.

Penyimpanan Laptop Acer Aspire S3
Acer Spire S3 menyediakan dua penyimpanan, yaitu tipe SSD berkapasitas 20 GB dan tipe HDD berkapasitas 320 GB, 5.400 RPM. Laptop ini membutuhkan waktu 1 menit 5 detik untuk booting windows 7 Home premium, namun untuk boot dari mode sleep hanya membutuhkan waktu beberapa detik.
Sayangnya, hard drive yang berkapasitas 320 GB itu bukan yang tercepat untuk kategori notebook bisnis, Butuh 3 menit 35 detik untuk menduplikasi folder 4.97GB multimedia dengan kecepatan 23,7 MBps, yang jauh di bawah rata-rata notebook sejenis ( 37 MBps)

Kinerja Laptop Acer Aspire S3
Acer Aspire S3 ditenagai dengan prosesor Intel Core i5-2467M 1,6 GHz, RAM 4 GB, ketika dites dengan PCMArk Vantage laptop ini mencetak skor 5.489. Skor ini 500 poin di atas rata-rata notebok sejenis, namun Macbook Air yang memiliki prosesor core i7 1,7 GHz mencetak skor jauh lebih tinggi yaitu 11.230

Grafis Laptop Acer Aspire S3
Untuk kinerja grafis, Acer Aspire S3 menggunakan chip Intel HD Grafis, ketika dites dengan 3DMark06 laptop ini mencetak skor 3.257, skor ini sekitar 400 poin lebih tinggi dari rata-rata notebook sejenis (1.000), lebih tinggi dari Samsung Seri 9 (2.188) namun masih 1000 poin di bawah Macbook Air (4236)

Daya Tahan Baterai  Laptop Acer Aspire S3
Pihak Acer mengklaim bahwa laptop Aspire S3 mampu bertahan antara 6 sampai 7 jam. Namun ketika diuji oleh tim Laptopmag dengan web browsing via wifi secara terus menerus, Acer Aspire S3 hanya mampu berlangsung selama 4 jam 23 menit. Daya tahan baterai ini di bawah rata-rata notebook sejenis seperti Macbook Air (6 jam 33 menit) dan samsung seri 9 (5 jam 11 menit).

Semoga review laptop Acer Aspire S3 di atas bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *