Review Laptop Asus Zenbook UX31 – Kinerja – Grafis – Harga – Spesifikasi – Baterai

Review Laptop Asus Zenbook UX31 - Kinerja - Grafis - Harga - Spesifikasi - Baterai

Review Laptop Asus Zenbook UX31 - Kinerja - Grafis - Harga - Spesifikasi - Baterai
Review Laptop, Laptop Asus Zenbook UX31 merupakan laptop ultra tipis yang memiliki desain dan warna seperti Apple MacBook. Laptop ultra tipis ini ditenagai dengan prosesor Core i5 yang kuat dan penyimpanan tipe SSD berkapasitas 128 GB. Laptop yang beratnya hanya 3 pon ini juga menawarkan layar resolusi tinggi 1600 x 900 dan harga yang lebih murah dari Apple Macbook Air yaitu $.1.099.

Ingin tahu lebih detail tentang laptop ini? silahkan baca review laptop Asus zenbook Ux31 di bawah ini.

Desain Laptop Asus Zenbook UX31
Laptop Asus Zenbook UX31 memiliki desain yang unik. Bagian sasis laptop ini menggunakan bahan aluminium yang ramping. Bagian tutup menggunakan logam dengan pola berputar dengan warna yang sedikit lebih gelap dari sasisnya, sedangkan untuk bagian dek dengan pola linear. Tekstur yang melapisi laptop ini halus dan bagus

Asus Zenbook UX31 memang terlihat mirip dengan Apple Macbook Air, namun beberapa unsur di atas membuatnya lebih unik. Selain itu, bahan yang membungkus laptop ini membuat jauh lebih menarik dari pada Acer Aspire S3 yang hanya menggunakan konstruksi plastik.

Untuk beratnya, laptop ini hanya 3 kilogram dan berukuran 13,3 x 8,9 x 0,1 – 0,7. Berat laptop ini tidak jauh berbeda dengan Acer ASpire S2 maupun MAcbook Air.

Dalam paket penjualan, Asus UX31 dilengkapi dengan kain coklat empuk, adator usb-to-ethernet, dan adapotr VGA-to-micro VGA. Setiap adaptor juga dilengkapi dengan tas kecil

Keyboard Laptop Asus Zenbook UX31
Asus Zenbook UX31 menggunakan keyboard bergaya pulau. setiap tombol dibuat besar dan meskipun datar namun jari-jari pengguna dapat menempel dengan baik. Untuk tombol panah agak lebih kecil dari pada Macbook Air, namun masih cukup mudah untuk digunakan.

Penguji dari laptopmag mengatakan, secara keseluruhan mengetik di keyboard Asus Zenbook UX31 cukup menyenangkan, namun pengguna harus menekan sedikit lebih dalam.

Touchpad Laptop Asus Zenbook UX31
Touchpad pada Laptop ASus Zenbook UX31 memiliki ukuran 4,1 x 2,75 inci. Touchpad yang ditenagai oleh Sentelic ini ukurannya hampir sama dengan Macbook Air, termasuk tombol yang terintegrasi. penguji dari laptopmag dapat menjelajahi desktop dengan halus, namun akan membuat sedikit bergeser dari yang penguji inginkan. Selain itu terkadang kursor akan melompat. Gerakan dua jari bergulir terasa terlalu sensitif, sementara itu untuk gerakan pinc-to-zoom tergagap pada firefox dan internet explorer. Penguji juga mengalami kesulitan saat menyorot teks.

Panas, temperatur Laptop Asus Zenbook UX31
Ketika dilakukan pengujian dengan streaming video Hulu di layar penuh selama 15 menit, suhu pada touchpad mencapai suhu 76 derajat fahrenheti, ruang antara tombol G dan H mencapai suhu 81 derajat fahrenheir, dan bagian bawah tengah mencapai suhu 84 derajat. Pengujit mengatakan, Semua suhu di atas masih dianggap nyaman karena masih di bawah 95 derajat fahrenheit.

Tampilan layar Laptop Asus Zenbook UX31
Laptop Asus Zenbook UX31 menggunakan layar 13,3 inci dengan resolusi 1600 x 900, ini lebih baik dari pada laptop premium yang memilikin resolusi standar 1366 x 768 dan juga lebih tinggi dari Macbook AIr dengan resolusi 1440 x 900. Dengan resolusi seluas ini dapat memberikan pengalaman melihat yang lebih banyak saat melihat halaman web atau bahkan menampilkan dua dokumen berdampingan.

Ketika penguji memutar trailer The Avengers 1080p, adegan ledakan sangat berapi-api, namun kulit hitam bisa lebih hitam lagi, dan penguji juga melihat beberapa pixelation di daerah gelap. Selain itu layar juga memiliki sudut penglihatan yang kurang lebar, sehingga tingga orang yang menonton di depan layar harus meringkuk cukup dekat agar dapat melihat gambar dengan jelas.

Audio – Speaker
Speaker pada laptop Asus Zenbook UX31 ini tidak terlihat oleh mata. Namun ketika memutar musik akan keluar suara dari bawah keyboard,
Suara gitar dari musik Control Y, terdengar sukup cernih dan bebas dari distorsi bahkan pada volumen maksimal sekalipun, suara bas tidak berlebihan namun tetap ada. Pokoknya secara keseluruhan suara laptop ini lebih baik dari pada laptop 13 inci lainnya.

Waktu Boot
Laptop ini menggunakan penyimpanan tipe SSD berkapasitas 128 GB, untuk boot windows 7 home premium 64 bit, laptop ini hanya membutuhkan waktu 29 detik, setengah dari rata-rata notebook sejenis (59 detik). Namun masih lebih cepat Macbook air untuk boot Lion OSX dalam 17 detik, dan Samsung Seri 9 dalam 25 detik
Sementara itu untuk hidup dari mode sleep, Asus Zenbook UX31 hanya membutuhkan waktu 1 – 2 detik

Port dan Webcam
POrt yang tersedia di laptop Asus Zenbook UX31 antara lain, di sisi kanan terdapat port Micro HDMI, Port Micro VGA, yang telah dilengkapi dengan adaptoprnya. Untuk sisi kanan terdapat port USB 2.0, headphone jack, dan slot kartu SD.

Webcam di Laptop Ssus Zenbook UX31 berkekuatan 0,3 piksel, ketika digunakan untuk video chat, video mampu menampilkan gambar yang jelas namun agak pucat. Seorang teman chating mengatakan video terlihat kurang detail. Sementara itu untuk kemampuan merekam wajah pengguna hanya membutuhkan waktu 30 detik, dan dapat login ke sistem dalam waktu kurang dari satu detik.

Kinerja Laptop Asus Zenbook UX31
Asus Zenbook UX31 ditenagai dengan prosesor Core i4-2557M 1,7 Ghz, RAM 4 Gb dan penyimpanan SSD128 GB. Ketika dilakukan test dengan PCmark Vantage, laptop ini mencetak skor 10.233, skor ini hampir dua kali lipat dari rata-rata notebook tipis sejenis (4902), seperti Acer Aspire S3 (5409) dan Samsung Seri 9 (6857). Namun Macbook Air yang juga memiliki prosesor Core i5 mencapai skor yang sedikit lebih tinggi yaitu 11.230

Penggunaan penyimpanan tipe SSD benar benar membuat perbedaan. Untuk menduplikasi folder sebesar 4,97 GB hanya membutuhkan waktu 52 detik, dengan kecepatan 97,9 MBps. ini hampir tiga kali lebih cepat dari rata-rata notebook sejenis (36,8 MBps). Namun Macbook air mencapai 127 MBps

Grafis Laptop Asus Zenbook UX31
Grafis yang ditenagai dengan intel HD ini tidak akan menawarkan kinerja yang menawan untuk gamer. namun ini masih cukup baik untuk kegiatan komputasi sehari-hari. Ketika dites dengan 3Dmark06 mencetak skor 3.761, ini sekitar 900 poin di atas rata-rata notebook sejenis (2880), atas Acer Spire S3 (3257) dan di bawah Macbook Air (4236)

Daya tahan baterai Laptop Asus Zenbook UX31
Ketika dites dengan browsing via wifi, laptop ini mampu berlangsung selama 5 jam 58 menit. Ini sekitar setengah jam di bawah rata-rata notebook tipis sejenis (06 jam 33 menit), namun masih lebih lama dari Samsung seri 9 (5 : 11), dan Acer ASpire S3 (4:23)

Facebook Comments

1 Comment

  1. arda

    Om, apa semua jenis ultrabook batrainya tidak bisa diganti, sama seperti tablet ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *