Review Laptop Gigabyte P2532N – Kinerja – Harga – Daya Tahan Baterai – Spesifikasi

Review Laptop Gigabyte P2532N - Kinerja - Harga - Daya Tahan Baterai - Spesifikasi

Review Laptop Gigabyte P2532N - Kinerja - Harga - Daya Tahan Baterai - Spesifikasi
Gigabyte telah lama dikenal sebagai perusahaan pembuat perangkat keras komputer, seperti RAM, motherboard dan lain-lain, kini perusahaan itu juga telah memproduksi laptop. Gigabyte P2532N merupakan salah satu laptop terbarunya. Laptop multimedia terbaru dari Gigabyte ini menawarkan spesifikasi yang mengesankan, ia ditenagai dengan prosesor Intel Core i7-2630QM Quad core, NVIDIA Geforce GT550M GPU, empat buah dual-chanel speaker stereo dengan subwoofer, dan layar Full HD. Laptop ini dijual dengan harga yang cukup bersaing yaitu $ 1.385. Apakah laptop ini mampu bersaing dengan laptop dari produsen yang sudah berumur? silahkan baca review lengkap laptop Gigabyte P2532N dari laptopmag di bawah ini.

Desain Laptop Gigabyte P2532N
Laptop Gigabyte P2532N memiliki tampilan klasik, Tutup bagian atas berwarna hitam yang seolah-olah tidak mudah terkena sidik jari. Sementara itu bagian tepi tutup dan dek laptop dilapisi dengan perak aluminium yang mengkilap
laptop ini berukuran 15,4 x 10,3 x 1,1 – 1,4 inci dengan berat 5,8 pon, bobot yang seberat itu mungkin kurang cocok untuk dibawa dalam perjalanan. Namun Gigabyte P2532N lebih ringan dari pada Dell XPS 15 (6,6 pon) dan Asus G53SW-A1 (9,2 pon)

Keyboard dan Touchpad Laptop Gigabyte P2532N
Keyboard pada laptop Gigabyte P2532N patut diberikan apresiasi, keyboard yang bergaya pulau itu memberikan jarak antar tombol yang baik. Keyboard juga dilengkapi tombol angka lengkap di sisi kanan. Penguji dari laptopmag merasakan kepuasan yang cukup ketika mengetik di laptop ini. Satu hal yang membuat kurang puas adalah ketika mengetik tangan penguji tanpa sengaja menyentuh touchpad sehingga memindahkan kursor dilayar.

Sementara itu touchpad pada laptop ini berukuran 3,5 x 2,1 inci, ukuran touchpad cukup luas dan bagian permukaannya berktekstur, penguji juga dapat melakukan gerakan multitouch standar seperti pinch-to-zoom dengan nyaman.

Layar dan Audio Laptop Gigabyte P2532N
Gigabyte P2532N menggunakan layar glossy berukuran 15,6 inci, dengan resolusi 1920 x 1080 full HD. Ketika diuji untuk menonton sebuah trailer film, layar mampu menampilkan warna warni yang jelas dan akurat. Layar juga memiliki sudut penglihatan yang lebar sehingga memungkinkan tiga orang dapat menonton di depan layar secara langsung dengan nyaman.

Untuk audio, laptop ini menggunakan empat speaker stereo dual-channel, dan sebuah sub woofer di bagian bawah. Speaker pada laptop ini juga telah lengkapi dengan teknologi THX TruStudio, sehingga mampu menghasilkan suara yang cukup keras dan berkualitas

Port dan Webcam Laptop Gigabyte P2532N
Gigabyte P2532N juga memberikan port seperti yang ada pada umumnya laptop. Di sisi kanan terdapat Ehternet, HDMI, pembaca kartu 4 in 1 (MS / MS PRO / MMC / SD), dua port USB 3.0, headphone/microphone jack. Sementara itu di sisi kiri terdapat colokan listrik, port VGA, port USB/eSATA ganda dan DVD burner, sayangnya laptop ini tidak menyediakan pemutar blu-ray

Webcam pada laptop Gigabyte P2532N berkekuatan 1,3 megapiksel. Ketika diuji dengan video chat melalui Skype, teman penguji mengatakan bahwa gambar tampil dengan baik, tidak besar, namun detail, sementara itu audio juga terdengar keras dan jernis.

Panas – temperatur Laptop Gigabyte P2532N
Penguji dari laptopmag mengatakan bahwa Gigabyte P2532N dilengkapi dengan dua heat sink, satu untuk CPU dan satunya lagi untuk GPU (grafis). Gigabyte menyebut, dengan pengaturan ini tidak hanya untuk membuat pendingin laptop, namun juga untuk memperpanjang umur komponen. Apa yang dilakukan gigabyte cukup efektif, ketika diuji untuk memutar video di layar penuh selamat 15 menit, Suhu pada bagian bawah laptop mencapai 95 derajat Fahrenheit. Ruang antara tombol G dan H lebih pada suhu 91 derajat, sedangkan touchpad mencapai suhu 80 derajat. Penguji juga mendapati notebook terkadang berdengung saat digunakan untuk pekerjaan multimedia seperti streaming video online.

Kinerja Laptop Gigabyte P2532N
Gigabyte P2532N ditenagai dengan prosesor Intel Core i7-263QM quad-core 2 GHz dan RAM 8 GB. Ketika ditest melalui PCMArk Vantage, kinerja secara keseluruhan laptop ini mendapat skor 8.780, skor ini di atas rata-rata notebook sejenis yang hanya mencapai 5.833. Namun masih di bawah ASUS G53SW-A1 (8470) dan 15 Dell XPS L502X (8548) yang juga menggunakan prosesor yang sama.
Sementara itu Hard drive pada laptop ini berukuran 750 GB, 7.200 RPM, laptop membutuhkan waktu 1 menituntuk boot WIndows 7 Home Premium, ini lebih cepat empat detik dari rata-rata notebook sejenis.

Ketika diuji untuk menduplikasi file multimedia campuran sebesar 5 GB, laptop membutuhkan waktu 2 menit 33 detik dengan kecepatan 33,3 MBps. Kecepatan ini hampir sama dengan rata-rata notebook sejenis (03:12, kecepatan 26,7 MBps)

Daya tahan baterai
Ketika diuji untuk web browsing secara terus menerus via wifi, Gigabyte P2532N mampu berlangsung selama 4 jam 27 menit. Daya tahan baterai pada laptop ini sedikit di bawah dari rata-rata notebook sejenis yang mampu berlangsung 4 jam 34 menit. Satu menit di atas Dell XPS 15 (04:26), dan jauh lebih baik dari pada Asus G53SW yang hanya mampu berlangsung selama 3 jam

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *