Review Laptop HP Pavilion G4 – Kinerja – Grafis – Harga – Spesifikasi – Baterai

Review Laptop HP Pavilion G4 - Kinerja - Grafis - Harga - Spesifikasi - Baterai

Review Laptop HP Pavilion G4 - Kinerja - Grafis - Harga - Spesifikasi - Baterai
Review Laptop, HP Pavilion G4 merupakan laptop 14 inci yang hemat biaya, laptop ini dijual dengan harga $ 379. Laptop yang ditenagai dengan prosesor AMD A4-3300M ini memang tidak menawarkan spesifikasi yang tinggi, namun laptop ini sudah lebih dari cukup untuk web browsing atau melakukan pekerjaan komputasi sehari-hari, selain itu meskipun harganya murah laptop ini tetap menawarkan beberapa keunggulan diantaranya audio yang kuat, sudut penglihatan layar yang lebar dan keyboard yang nyaman, hal ini membuat HP Pavilion G4 lebih dari sekedar laptop murah. Ingin tahu lebih lengkap tentang laptop ini, silahkan baca review lengkap laptop HP Pavilion G4 dari laptopmag di bawah ini.

Desain Laptop HP Pavilion G4
Laptop HP Pavilion G4 hanya memiliki desain yang sederhana, Bagian tutup tidak menampilkan hiasan yang istimewa selain logo HP di sudut bawah tutup. Meskipun tutupnya hanya terbuat dari plastik, namun Glossy memberikan kesan yang kokoh dan mudah membuat sidik jari. Bagian dalam laptop juga menampilkan glossy yang sama seperti tutupnya. hanya saja untuk bagian dek dan sisi yang mengelilingi layar menggunakan plastik matte hitam.

Laptop HP Pavilion G4 memiliki berat 4,6 pon dengan ukuran 13,4 x 9,1 x 1,2 – 1,4 inci. Dengan berat dan ukuran seperti ini, laptop ini cukup nyaman untuk dibawa dalam perjalan.

Keyboard dan Touchpad Laptop HP Pavilion G4
Mengetik di laptop HP Pavilion G4 memberikan pengalaman yang menyenangkan, cukup banyak umpan balik yang memuaskan dan tidak begitu lentur serta semua tombol mudah dicapai oleh jar-jari pengguna. Tersedia juga tombol fungsi utama di barisan tombol fungsi yang memberikan akses cepat ke volume, kecerahan dan kontrol multimedia hanya dalam satu sentuhan.

Touchpad pada laptop ini berukuran 3,3 x 1,7 inci dengan permukaan yang bertekstur. Gerakan multitouch mulai dari pinch-to-zoom sampai menggesekkan tiga jari dapat bekerja dengan lancar. Namun untuk gerakan tertentu yang lebih tinggi harus diaktifkan melalui perangkat lunak touchpad.

Panas – temperatur laptop Laptop HP Pavilion G4
Dalam hal temperatur, Laptop HP Pavilion G4 pantas dibanggakan. Ketika diuji oleh tim Laptopmag dengan memutar video Hulu di layar penuh selama 15 menit, touchpad hanya mencapai suhu 78 derajat fahrenheit, keyboard mencapai suhu 84 derajat fahrenheit dan bagian bawah tenggah mencapai suhu 90 derajat fahrenheit. Penguji menganggap bahwa suhu di bawah 95 derajat fahrenheit masih bisa dikatakan nyaman. Namun ketika penguji mencoba membuka aplikasi beberapa aplikasi secara bersamaan seperti browsing web, membuka scan antivirus, streaming video di Netflix, suara kipas laptop mulai terdengar suaranya.

Tampilan layar dan Audio Laptop HP Pavilion G4
HP Pavilion G4 menggunakan layar LED-Backlit berukuran 14 inci dengan resolusi 1366 x 768. Layar mampu menampilkan gambar dan video yang terang namun kurang untuk kontras. Meskipun terkadang warnanya kusam, layar mampu memberikan sudut pengelihatan yang luas, bahkan pada sudut 90 derajat. Namun karena panel yang mengkilap dan tidak terlalu terang, penguji melihat banyak refleksi ketika di daerah yang terlalu banyak cahaya.

Untuk audio, HP Pavilion G4 menggunakan Speaker Altect Lansing stereo dengan SRS Labs yang terletak di bibir depan notebook. Speaker mampu menampikan suara yang keras dan akurat. Dilengkapi pulsa dengan Utilitas Premium Sounds untuk mengatur treble dan bass untuk mendapatkan suara yang lebih baik.

Port dan Webcam Laptop HP Pavilion G4
Port yang tersedia di HP Pavilion G4 antara lain, di sisi kiri terdapat konektor VGA, Ethernet, port HDMI, pembaca kartu SD, dua port USB, dan jack headphone dan microphone. Sementara itu di sisi kanan terdapat port USB, slot keamanan Kensington, Drive Optik untuk membakar dan memutar DVD dan CD

Webcam pada Pavilion G4 seperti pada umumnya laptop dengan kekuatan 0,3 megapiksel. Ketika penguji dari laptopmag menggunakan webcam pada pencahayaan alami (matahari dari jendela dan lampu neon kantor) gambar tampak kasar dan kurang detail. Namun ketika diuji dengan Video Chat via Skype, teman penguji melaporka gambar yang tanpa blur dan suara yang baik.

Kinerja Laptop Laptop HP Pavilion G4
Laptop HP Pavilion G4 ditenagai dengan prosesor AMD Dual Core A4-3300 M APUN 1,9 GHz dan RAM 4 GB. Laptop ini tidak memberikan sesuatu yang lebih dalam hal kinerja. Laptop ini sudah cukup untuk melakukan tugas komputasi sehari-hari namun kurang baik jika digunakan untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Ketika penguji membuka intenet explorer dengan 10 tab, scan antivirus mode lengkap dengan norton internet security, dan streaming video via Netflix, penguji melihat adanya lag, terutama pada video Netflix, video terlihat kurang lancar. Namun ketika hanya membuka video saja tanpa aplikasi lainnya, video dapat berjalan dengan lancar.

Ketika diuji dengan PCMark Vantage, secara keseluruhan HP Pavilion G4 mencetak skor 3.828. Skor ini jauh di bawah rata-rata notebook sejenis dengan skor 5.891.
HP Pavilion G4 menggunakan Hard Drive 320 GB, 5400 rpm, dengan hardrive ini untuk boot windows 7 home premium laptop membutuhkan waktu 52 detik, ini 13 detik lebih cepat dari rata-rata notebook sejenis. Namun ketika diuji untuk tranfer menduplikasi file multimedia campuran sebesar 4.97 GB, laptop membutuhkan waktu 4 menit 43 detik dengan kecepatan tranfer 19,4 MBps, ini jauh lebih lambat dari rata-rata laptop sejenis (27 MBps).

Kinerja Grafis Laptop HP Pavilion G4
Dalam hal grafis, HP Pavilion G4 menggunakan grafis AMD Radion HD 6480G. Hasil test dengan 3DMArk06, laptop ini mencetak skor 3.458, jauh di bawah rata-rata notebook sejenis (4.228). namun skor ini hampir sama dengan HP Pavilion dm46 dengan skor 3.466 dan lenovo V470 dengan skor 3944 yang keduanya menggunakan grafis Intel HD 3000 yang terintegrasi.

Daya Tahan Baterai Laptop HP Pavilion G4
Daya tahan baterai pada laptop HP Pavilion G4 tidak memberikan waktu yang cukup lama, untuk pengujian dengan web surfing via wifi, laptop ini hanya berlangsung selama 4 jam 23 menit, ini sekitar 1 jam di bawah rata-rata notebook sejenis yang mencapai 5 jam 28 menit. Sementara itu Lenovo V570 mampu berlangsung selama 4 jam 56 menit, sedangkan HP Pavilion dm4t malah lebih lama lagi, yaitu mampu selama 7 jam 2 menit.

Kami tidak berharap banyak hidup baterai dari notebook anggaran, dan G4 tidak mengejutkan kita. Baterai G4 Pavilion itu berlangsung 4 jam dan 23 menit, kehabisan jus lebih cepat daripada laptop tipis-dan-cahaya rata-rata (yang rentang hidupnya adalah 5 jam dan 28 menit). Dengan perbandingan, Lenovo V470 bertahan selama 4:56, sedikit lebih baik daripada G4, sementara HP Pavilion dm4t drastis outdid orang lain, 7:02 abadi.

Pilihan harga dan spesifikasi Laptop HP Pavilion G4
HP Pavilion G4 tersedia dalam beberapa pilihan harga dan spesifikasi, untuk spesifikasi seperti yang di-review di atas dijual dengan harga $ 379. Bagi kamu yang menginginkan spesifikasi lebih tinggi, tersedia spesifikasi dengan prosesor Intel Core i3-370M, ram 4 GB dan HDD 500 GB, 5.400 rpm dengan harga $ 479. Sementara itu yang lebih tinggi lagi dijual dengan harga $ 654 dengan prosesor i3 yang sama namun dengan Hard Drive 640 GB dan RAM 6 GB

 

Spesifikasi Laptop HP Pavilion G4

Prosesor : 1.9GHz AMD Dual-Core A4-3300M
RAM : 4GB
RAM  dapat diupgrade sampai : 6GB
Hard Drive Size : 320GB
Kecepatan Hard Drive : 5,400rpm
Tipe Hard Drive: SATA Hard Drive
Ukuran layar : 14
Resolusi layar : 1366×768
Drive Optik: DVD+/-RW DL
Kecepatan Drive Optik : 8X
Kartu Grafis: AMD Radeon HD 6480G
Wi-Fi : 802.11b/g/n
Ukuran Touchpad : 3,25 x 1,7 inci
Ports  : Ethernet; HDMI; Headphone/Mic; Kensington Lock; VGA; USB Ports : 3
Card Slots : 2-1 card reader
Garansi : satu tahun
Ukuran : 13,4 x 9,1 x 1,2 – 1,4 inci
Berat : 4,6 pon

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *