Cara Mengetik Cepat dan Mudah di Ponsel Android Layar Sentuh

Cara Mengetik Cepat dan Mudah di Ponsel Android Layar Sentuh
Saat ini kebanyakan ponsel android layar sentuh tidak menyediakan keyboard fisik, memang ada juga yang menyediakan keyboard fisik, namun harganya lebih mahal. Sebagai gantinya android telah menyediakan keyboard virtual yang ditampilkan dilayar sentuh,sehingga pengguna langsung dapat mengetik di layar sentuh tersebut. Keyboard virtual tersedia dalam beberapa tipe, seperti keyboard QWERTY, Keyboard 3 x 4 dan Keyboard Handwriting.

Bagi pemula ponsel layar sentuh, mengetik di virtual keyboard tipe QWERTY akan terasa sedikit berbeda dengan keyboard fisik. Karena setiap tombol pada keyboard fisik memiliki tonjolan sehingga lebih mudah mengetik dari pada virtual keyboard pada layar datar dan tombol yang kecil. Cara  agar mudah mengetik virtual keyboard adalah dengan menggunakan virtual keyboard tipe 3 x 4 yang menampilkan tombol lebih besar dari pada tipe QWERTY. Namun sayangnya, mengetik pada keyboard tipe 3 x 4 tidak bisa secepat pada keyboard tipe QWERTY, misalnya untuk menampilkan huruf C saja harus menekan tiga kali.

Lalu bagaimana cara mengetik mudah dan cepat di virtual keyboard layar sentuh? Jawabnya, Sederhana. Gunakan saja aplikasi virtual keyboard yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Kamu dapat menemukan beberapa pilihan aplikasi virtual keyboard di android market.

Virtual keyboard dari pihak ketiga umumnya menawarkan keunggulan pada tombol yang bisa disetting menjadi lebih besar, dan template yang lebih baik dari pada keyboard default, sehingga diharapkan pengguna dapat mengetik dengan cepat, nyaman dan mengurangi kesalahan.

Beberapa virtual keyboard yang popular seperti
GO Keyboard: free
SwiftKey X Keyboard: $ 1.94 BUY
Smart Keyboard PRO: $ 2.66 BUY
Keyboard from Android 2.3 : Free
Ketika kamu mengaktifkan virtual keyboard dari pihak ketiga, android akan memberikan pemberitahuan bahwa virtual keyboard memungkinkan menyimpan data dan password. Namun pengembang aplikasi (seperti Keyboard from Android 2.3) mengklaim bahwa mereka tidak menyimpan data atau password dari ponsel. Pemberitahuan itu muncul hanya sebagai peringatan default dari android.

Dari empat aplikasi virtual keyboard di atas, yang pernah saya gunakan adalah Go Keyboard dan Keyboard from Android 2.3, Kelebihan yang saya sukai dari Go Keyboard selain gratis, go keyboard juga menyediakan setting untuk menentukan besar kecilnya tombol virtual keyboard serta dilengkapi dilengkapi dengan berbagai macam template yang cantik, sehingga membuat keyboard ponsel tampak lain dari pada yang lain.

Sedangkan untuk Keyboard from Android 2.3, tidak memberikan banyak fitur seperti pada Go Keyboard. tambolnya juga tampak sederhana namun tata letak tombolnya cukup pas untuk jari-jari saya, sehingga dapat mengurangi kesalahan mengetik.

Tertarik untuk mencoba virtual keyboard ?

Facebook Comments

10 comments

  1. fitrias

    Cara ngaktifkan go keyboard gmana ya? Saya sudah download go keyboard tp kyboardnya mash sperti biasa, tolong ya? Thx..

  2. admin Post author

    cielo : masih di dalam menu locale and text. pilih select input metode. ntar ada pilihan

  3. Cielo

    One more problem,min!
    pas GO Keyboardnya udah gw nonaktifin, kok keyboard gw g balik ke keyboard samsung sebelumnya ya tapi malah make yg swift.
    Ada gag cara biar gw balik bisa make keybooard lama?
    trus cara sewaktu2 kalo mau ganti ke swype gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *