iOS dan Android Menguasai Pasar Mobile Game

iOS dan Android Menguasai Pasar Mobile Game

iOS dan Android Menguasai Pasar Mobile GamePerkembangan iOS dan Android dua tahun belakangan ini membuat perubahan besar dari pasar game, khususnya untuk game mobile.

Bila dahulu orang berbondong-bondong menghabiskan ratusan ribu untuk membeli game konsol, sekarang mereka beralih pada tablet dan smartphone mereka untuk memainkan game, yang artinya gamer memilih hanya membeli game yang harganya tergolong lebih murah daripada membeli sebuah konsol game.

Dikutip dari TGDaily, Peter Farago dari Flurry Analytics mencatat, game portable dulu didominasi oleh Nintendo dan Sony selama lebih dari dua dekade.

Dulu konsumen membayar $200 untuk membeli konsol dan sekitar $40 untuk membeli game yang populer.

Namun, semenjak kemunculan iOS dan Android menyebabkan pergeseran paradigma industri, dengan adanya ribuan game gratis maupun game murah yang telah disediakan.

iOS dan Android Menguasai Pasar Mobile Game“Kecenderungan yang paling mencolok adalah ketika pangsa pasar iOS dan Android meningkat tiga kali lipat dari yang semula pada tahun 2009 hanya 20% kini meningkat hampir 60% hanya dalam dua tahun,” kata Farago.

“Secara bersamaan, Nintendo yang pernah mendominasi pasar, kini turun drastis hingga hanya memiliki sepertiga pasar pada tahun 2011, pada tahun 2009 Nintendo mengendalikan lebih dari dua pertiga. Gabungan, pendapatan game iOS dan Android yang disampaikan sebesar $500 juta, $800 juta dan $1,9 miliar pada 2009, 2010 dan 2011, masing-masing.”

Menurut Farago, banyaknya distribusi game iOS/Android gratis dan yang hanya seharga $0.99 membuat konsumen lebih memilihnya. Artinya, hari-hari untuk membayar $25 atau lebih untuk membeli game akan segera berakhir.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *