Kuartal ke 3 Tahun 2011, Penjualan Smartphone meningkat 42%

Kuartal ke 3 Tahun 2011, Penjualan Smartphone meningkat 42%

Kuartal ke 3 Tahun 2011, Penjualan Smartphone meningkat 42%Berita Teknologi. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh Gartner menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan ponsel untuk kuartal terakhir hanya menunjukkan 5,6%, sedangkan dalam penjualan smartphone untuk kuartal yang sama peningkatannya sangat tajam.

Dilansir dari TGDaily, Rabu (16/11/11). Perusahaan pelacak mobile tersebut, menyebutkan bahwa dalam kuartal ketiga tahun 2011 ini lebih dari 115.000 unit smartphone telah terjual, dibandingkat dengan kuartal yang sama tahun 2010 peningkatannya sangat tajam, pada kuartal tersebut smartphone hanya terjual 81.000 unit.

Perusahaan tersebut mengamati penjualan smartphone untuk semua sistem operasi seperti Android, Symbian, IOS, Blackberry OS, Bada, Windows Mobile, atau Windows Phone.

“Pertumbuhan smartphone yang kuat di Cina dan Rusia membantu meningkatkan volume keseluruhan di kuartal ini, namun permintaan untuk smartphone terhenti di pasar maju seperti Eropa Barat dan AS sebagai banyak pengguna menunggu untuk perangkat unggulan baru yang menampilkan versi baru dari sistem operasi kunci,” jelas Robert Cozza analis utama penelitian Gartner.

Dari yang dipasarkan, Android menduduki puncak pasar dengan 52,5% dari semua smartphone yang terjual. Ini merupakan peningkatan yang luar biasa, tahun lalu Android hanya menguasai pasar 25,3% dan Symbian yang dipuncak pasar dengan penguasaan pasar sebesar 36,3%.

Symbian yang merupakan sistem operasi milik Nokia yang pada tahun ini telah ditinggalkan Nokia dan mereka efektif untuk mengembangkan smarphone yang berbasis Windows Phone. Symbian hanya menguasai pasar 16,9% saja.

Meski demikian, Nokia masih menjadi raja untuk pasar semua jenis ponsel (smartphone dan ponsel). Nokia menguasai pasar sebesar 23,9% dari semua ponsel yang dijual didunia. Sedangkan Samsung hanya 17,8% dan yang lain hanya menguasai antara 2% dan 5%.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *