Wisata Sejarah Penerbangan Indonesia di Museum Dirgantara Mandala Jogjakarta

Museum Dirgantara Mandala Jogjakarta

Museum Dirgantara Mandala terletak di kota Jogjakarta. Museum ini menyimpan beragam benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan dunia penerbangan di Indonesia. Lokasi museum ini berada pada kompleks bangunan yang dimiliki oleh pengelola Bandara Adi Sucipto. Selain museum, di sekitar lokasi terdapat perumahan TNI Angkatan Udara (AU), dan sekolah dasar dan menengah milik TNI AU.
Museum Dirgantara Mandala Jogjakarta
Suasana penerbangan sangat terasa disana. Begitu memasuki area parkir, wisatawan akan disambut dengan sebuah pesawat bekas peninggalan perang kemerdekaan Indonesia. Pikiran kita akan dibawa kembali ke masa lalu sejarah perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan. Ketika memasuki lobby museum, wisatawan bisa membeli buku panduan yang menjelaskan sejarah berdirinya museum.

Aula pertama Museum Dirgantara menjelaskan awal mula penemuan pesawat terbang oleh Wilbur dan Orville Wright. Lalu disajikan pula diorama rapat para petinggi TNI AU ketika mereka sedang berjuang memerdekakan bangsa ini melalui jalur militer. Bahkan pada saat terjadi pemberontakan G 30S/PKI, TNI AU dan anggota satuan lain berperan menumpas pemberontakan tersebut. Semuanya peristiwa tersebut terekam dalam patung, pajangan benda kuno, kliping, dan audio-visual.

Bagian paling menarik saat penulis mengunjungi Museum Dirgantara adalah saat melihat kotak hitam (black box). Untuk pertama kalinya Penulis melihat bentuk kotak hitam pesawat terbang. Kotak hitam adalah benda penting yang merekam aktifitas percakapan di kabin pesawat terbang, terutama ruang kendali pesawat oleh pilot. Maka tidak mengherankan kalau kotak hitam adalah benda yang pertama kali dicari tim SAR pada saat terjadi kecelakaan pesawat terbang.

Setelah puas menyaksikan diorama sejarah penerbangan di Indonesia, sebelum menuju pintu keluar wisatawan bisa merasakan asyiknya naik pesawat militer. Disana terdapat sebuah hanggar yang menjadi tempat parkir puluhan pesawat militer. Beragam pesawat militer bisa dicoba dimasuki. Mulai dari helikopter, pesawat cassa, black hawk dan lain-lain. Kalau naik pesawat terbang komersil mungkin sudah biasa bagi kita. Tapi masuk ke dalam pesawat militer dan duduk di kursi pilot tentu pengalaman baru yang sayang untuk dilewatkan.

Ingin mencoba bagaimana rasanya mengendarai pesawat militer? Silahkan berkunjung ke Museum Dirgantara di Kompleks Lanud Adi Sucipto Yogyakarta. (agus)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *