Cara mengatasi perdebatan dalam hubungan romantisme

cara mengatasi perdebatan dalam hubungan cinta

Pertengkaran dalam hubungan romantisme tentu saja tidak dapat dihindari. Dua kepala dalam satu situasi tentu saja memiliki pendapat yang berbeda-beda. Perbedaan pendapat bukanlah sesuatu yang buruk. Perbedaan pendapat juga bukan sesuatu yang harus dihindari. Justru suatu hubungan menjadi tidak sehat jika tidak ada perbedaan pendapat sama sekali. Tidak adanya beda pendapat justru menunjukkan distribusi kekuasaan yang tidak merata diantara cowok dan cewek, entah yang mana yang lebih dominan. Hal ini tidak baik karena sama saja menyimpan bom waktu yang suatu saat bisa meledak.

cara mengatasi perdebatan dalam hubungan cinta

Semua kembali kepada kecerdasan sosial masing-masing individu. Perlu adanya pemahaman untuk mengelola perbedaan pendapat , pemahaman tentang klasifikasi masalah, penting atau tidak untuk diperdebatkan. Pembelajaran tentang cara mengungkapkan pendapat juga sangat penting karena pendapat yang baik jika cara penyampaiannya salah maka bisa saja diterima secara salah oleh orang lain. Perhatikan hal-hal ini untuk menambah pengetahuan kamu.

Klasifikasi masalah
Apakah masalah itu penting atau tidak untuk diperdebatkan. Misalnya tentang siapakah pemain terbaik di dunia, apakah CR7 atau Messi. Tentu hal ini tidak perlu diperdebatkan dengan pasangan kalian, bukan? Sesuatu yang baik memiliki ukuran berbeda pada masing-masing orang.

Lebih baik mengalah
Untuk klasifikasi masalah menengah hingga ringan, lebih disarankan untuk mengalah. Kamu hanya akan membuang tenaga jika melakukan debat tentang masalah-masalah yang sepele. Bukankah lebih bahagia jika kita mengalah dan semuanya kembali seperti semula.

Biarkan fakta yang berbicara
Dalam hal kamu mengalah, biarkan fakta yang berbicara. Apakah pada faktanya adalah kamu atau dia yang benar, itu semua diatas kendalimu. Sehingga dengan demikian jika memang kamu benar, dia akan mengakuinya. Namun jika kamu salah, kamu juga harus mengakuinya. Ditambah minta maaf biasanya lebih baik.

Jangan libatkan emosi
Tidak perlu berdebat sambil marah-marah. Jika marah lebih baik diam atau wudhu. Kalo belum hilang juga, pergilah mandi. Jangan pernah marah-marah di jalan, karena selain itu mengganggu orang lain, kamu juga akan dianggap gila oleh orang yang melihatnya. Jika kamu mulai marah, alihkan pembicaraan ke hal yang lain.

Jangan pernah membuat keputusan saat berdebat
Umumnya saat berdebat dengan pasangan, kalian akan melibatkan emosi dan kemarahan. Dalam keadaan ini jangan membuat satu keputusan sekecil apapun. Yakinlah bahwa keputusan ini seringnya akan disesali di kemudian hari. Misalnya karena perdebatan yang sengit, kalian memutuskan untuk berpisah atau bahkan kamu berencana membunuh pasanganmu. Itu sangat tidak bijaksana karena orang yang sedang marah sangat buruk dalam mengambil keputusan dimana 99% akan disesali di kemudian hari.

tips cinta mengindari perdebatan cinta

Bisa mengatur ritme perbedaan pendapat dan perdebatan dalam hubungan romantisme tentu saja akan berimbas pada langgengnya hubungan tersebut. Sangat diharapkan kesadaran dari setiap pasangan untuk saling mengerti satu sama lain. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada lagi yang namanya kekerasan dalam rumah tangga karena satu sama lain sudah mengerti apa yang menjadi kebiasaan pasangannya. Selamat berjuang!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *