Liburan Petualangan Menjelajah Gunung Rinjani di Lombok

Liburan Petualangan Menjelajah Gunung Rinjani di Lombok

Pulau Lombok adalah salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia setelah Pulau Bali dan Pulau Jawa. Ada banyak spot menarik yang bisa dikunjung oleh wisatawan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Satu diantara sekian banyak lokasi wisata tersebut adalah Gunung Rinjani. Untuk berlibur ke Gunung Rinjani, jalur transportasi udara yang dipilih pertama kali adalah menuju kota Mataram, tepat bandara Selaparang.

Liburan Petualangan Menjelajah Gunung Rinjani di LombokDari kota Mataram, wisatawan bisa memilih beberapa jalur awal pendakian yang mereka suka, antara lain Bayan, Santong, Sapit dan Sembalun. Namun dari beberapa titik awal pendakian tersebut, Sembalun merupakan daerah yang tidak terlalu terjal untuk menuju puncak Gunung Rinjani. Sebelum berangkat mendaki, siapkan peralatan keamanan, tenda, senter, minyak gosong, tisu basah, bekal makanan dan minuman, kompas, dan keperluan lain.

Wisatawan yang akan mendaki Gunung Rinjani pada umumnya ditemani oleh seorang porter (jasa membawa barang) dan pemandu wisata. Dengan bantuan dua orang tersebut kita bisa menjelajah Gunung Rinjani dengan tenang tanpa takut tersesat di jalan. Sebelum mencapai puncak Rinjani, tour guide akan menentukan akan berhenti di pos mana. Perjalanan mendaki menuju pos pertama biasanya berlangsung seharian penuh. Setelah itu lanjut ke pos berikutnya.

Sebelum mencapai puncak Gunung Rinjani, para pendaki membuat perkemahan di area yang datar. Setelah beristirahat sejenak, pukul 2 pagi para pendaki lanjut mendaki untuk melihat keindahan matahari terbit dari puncak Gunung Rinjani. Indahnya sunrise dari puncak Gunung Rinjani tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Lelah di badan terasa hilang saat kita berada di atas Gunung Rinjani sambil memandang panorama alam Pulau Lombok ini.

Selama mendaki gunung apakah wisatawan sempat mandi? Jangan khawatir untuk urusan yang satu ini. Di sekitar kawasan wisata gunung Rinjani terdapat sumber air panas yang bisa dipakai untuk berendam dan menghangatkan tubuh. Jika Anda tidak suka berendam air panas, pilihannya adalah ke Segara Anak. Segara Anak merupakan danau alam yang terletak pada dataran tinggi Rinjani. Penat dan beban kerja serasa terlepas saat kita membaurkan diri dengan alam Rinjani.

Bagaimana dengan pengalaman Anda saat berlibur mendaki gunung? Ayo berbagi cerita seru saat berpetualang menaklukkan ketinggian gunung! (agus)

Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_rinjani

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *