Hal-hal yang harus dilakukan pada saat mengalami patah hati

mengatasi patah hati

Patah hati bukanlah keadaan yang menyenangkan. Keadaan dimana pasangan memutuskan hubungan ini memang menyisakan rasa tidak menyenangkan karena adanya rasa penyesalan dan keadaan psikologis yang sulit digambarkan dengan kata-kata. Tidak semua orang dapat dengan mudah bertahan dari patah hati. Rasanya campur-campur tak karuan. Bahkan menurut penyanyi dangdut Meggi Z, sakit hati bahkan mengalahkan sakit gigi. Ini memang terbukti karena tidak ada orang yang bunuh diri karena tidak tahan sakit gigi, sedangkan banyak orang yang bunuh diri karena tidak tahan akibat patah hati.
mengatasi patah hati
Seperti kata pepatah, seseorang terkadang tidak menyadari sesuatu sangat berarti bagi dirinya pada saat ada, namun merasakan kehilangan saat sesuatu itu telah pergi. Hal ini sering disadari betul oleh pasangan yang berpisah. Jatuh cinta memang terjadi karena satu alasan saja, namun perpisahan bisa terjadi karena berbagai macam alasan, seperti perselingkuhan, ketidakcocokan pandangan hidup atau kesalahpahaman. Namun apakah dengan mengurung diri di kamar, menangis sejadi-jadinya atau menyesali diri semua akan selesai? Tentu saja tidak. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Ketika sesuatu membuatmu jatuh, kamu punya pilihan untuk bangkit atau tidak. Jika kamu memilih untuk bangkit, mari kita cari tahu caranya bagaimana.

Hidupmu harus tetap berjalan tanpa orang yang telah meninggalkanmu. Waktu tidak akan menunggumu bersedih terlalu lama. Untuk itu, lebih baik kamu segera beranjak untuk berbuat maju daripada menyesali diri dan berhenti. Pertama, buang semua benda kenangan yang dapat mengingatkanmu dengan mantanmu. Jangan main asal buang saja, sekiranya benda itu bisa dijual, lebih baik dijual, setidaknya bisa untuk modal cari pasangan baru. Lalu yang kedua bersihkan ponsel kamu dari semua sms dari si dia, foto-foto bersamanya dan yang bisa mengingatkanmu padanya. Lakukan juga hal yang sama pada laptop atau komputermu.

Kemudian yang perlu kamu lakukan adalah memperbanyak aktifitas yang dapat mengalihkan perhatianmu dari mengingat mantan. Jangan biarkan satu detikpun waktumu kamu gunakan untuk melamun tentangnya. Jika tak sengaja memikirkannya, alihkan pikiranmu ke hal lain yang menyenangkan namun yang tidak ada hubungannya dengan mantan. Segera mencari pasangan baru tidak akan memecahkan masalah, namun justru akan menambah masalah. Oleh karena itu lebih baik kamu memberi sedikit waktu bagi dirimu sendiri untuk menyakinkan diri sendiri apakah kamu sudah siap untuk jatuh cinta atau belum.

Jangan mencari pasangan lagi dengan motif membalas mantan karena hal ini akan menghancurkan hubunganmu yang baru. Jatuh cinta dan putus cinta adalah hal yang sering terjadi dan hal yang biasa. Jadi tidak perlu menganggap patah hati adalah hal yang luar biasa dan bertindak berlebihan. (Iwan)

Facebook Comments

6 comments

  1. dya

    ‘waktu tdk akan menunggumu bersedih terlalu lama’. tanks,ckup buat ku mngerti..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *