Odroid-X, komputer quad-core murah harga sejutaan

Odroid-X komputer quad-core murah harga sejutaan

Odroid-X komputer quad-core murah harga sejutaan

Anda masih ingat dengan Raspberry Pi, komputer terkecil dan termurah di dunia yang dibuat oleh Raspberry Pi Foundation? Komputer yang pada awalnya dibuat untuk tujuan pendidikan ilmu komputer kepada siswa dan siswi usia sekolah itu sekarang mendapatkan banyak pengikut, jika tidak bisa dibilang sebagai pesaing. Komputer mini sekarang menjadi tren primadona. Sudah cukup banyak pabrikan yang mengeluarkan komputer mini dengan berbagai spesifikasi. Sayangnya banyak diantara mereka yang belum masuk di Indonesia, mungkin karena peminatnya masih cukup kecil.

Kali ini adalah Hardkernel, sebuah perusahaan asal Korea Selatan yang kembali meluncurkan sebuah komputer mini, mengikuti tren yang telah ditetapkan oleh Raspberry Pi. Komputer mini ini bernama Odroid-X yang dimaksudkan untuk menyaingi Raspberry Pi yang menggunakan sistem operasi Linux. Jika Raspberry Pi adalah komputer low end, maka Odrodid-X adalah komputer mini high end. Komputer yang memiliki lebar 3,5 inci dan panjang 3,7 inci ini adalah komputer yang memakai prosesor quad-core dengan kecepatan 1,4Ghz Exynos dari Samsung. Ditambah lagi komputer ini memiliki pengolah grafis Quad-core dari Mali.

Odroid-X komputer quad-core murah harga sejutaan
Komputer Odroid-X / pcper.com

 

 

Jika menurut anda itu masih belum cukup, coba lihat spesifikasi lanjutannya. Dari gambar diatas, anda akan tahu bahwa spesifikasi komputer Odroid-X ini cukup lengkap. Memori RAM mendapatkan jatah sebesar 1GB. Memori ini lebih besar 3mpat kali lipat daripada Raspberry Pi. Ditambah lagi ada enam port USB, ethernet adapter, headphone jack dan mikrofon dan juga tambahan slot memori card sebagai penyimpanan data. Tampaknya dari gambar diatas ada kemungkinan Odroid-X mendukung antar muka harddrive ATA. Yang menjadi pertanyaan adalah, untuk apa interface ATA diberikan pada komputer modern? Bukankah sekarang sudah jamannya SATA? Belum ada penjelasan mengenai hal tersebut.

Dengan spesifikasi ini tentu saja komputer Odroid-X lebih bagus daripada Raspberry Pi. Terutama di bagian prosesor dan RAM yang berkali lipat lebih besar. Tentu saja ada harga ada barang. Raspberry Pi dijual dengan harga $35, sedangkan komputer Odroid-X ini dijual dengan harga ritel $129. Anda berminat? Mungkin anda harus menunggu beberapa waktu sampai produk ini masuk Indoneias. (iwan)

Facebook Comments

2 comments

  1. Novi Gustavia Permana

    wahh sayang banget belum ada di Indonesia, kalo ada pasti bakal laris tuh. Praktis!

  2. khingcat21

    Ongkirnya ajubilah mahal banget….Sdh cek ke FedEx, katanya antara 400rebu – 1jeti.
    Kenanya dobel, dr sononya sdh tarik $40, lalu di sini min. 500rban (termasuk tax).
    Jd mikir2 nih kalo mau pesen lgsg dr Korea, mrk gak buka cabang di Indo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *