Tablet Murah, Google Nexus 7 besutan Google dengan Android 4.1 Jelly Bean

Tablet Murah, Google Nexus 7

Pada gelaran ajang Google I/O yang digelar dua hari yang lalu telah diperkenalkan sistem operasi Android terbaru yakni versi 4.1 dengan nama kode Jelly Bean. Android versi terbaru ini memiliki fitur yang diperbaiki dari versi sebelumnya. Google juga memperkenalkan Google Now sebagai bagian dari Android Jelly Bean. Namun satu yang menjadi pertanyaan orang-orang, tablet atau ponsel pintar mana yang pertama kali memggunakan Android Jelly Bean?
Tablet Murah, Google Nexus 7
Pertanyaan ini terjawab dalam ajang ini juga. Dipastikan bahwa persaingan pasar tablet akan semakin ramai dan ketat setelah Google merilis tablet Android dengan nama Google Nexus 7 yang bekerjasama dengan vendor hardware terkemuka dari Taiwan, ASUS. Tablet ini dijual dengan harga yang cukup murah namun memilki kemampuan yang tidak bisa diremehkan. Diperkirakan Google Nexus 7 akan menjadi pesaing yang menantang Kindle Fire produksi Amazon. Hal ini dikarenakan harga jual Google Nexus 7 adalah $199, hampir sama dengan Kindle Fire. Diperkirakan tablet ini akan memukul telak karena fitur yang lebih baik daripada Kindle Fire.

Google Nexus 7, seperti yang sudah disinggung sebelumnya akan menggunakan Android 4.1 Jelly Bean. Hal ini membuatnya memiliki semua keunggulan sistem operasi Android terbaru ini seperti Google Now, Google+ Hangouts dan juga langsung dibekali dengan Google Chrome for Android sebagai browser bawaan. Selain itu dikabarkan bahwa tablet ini akan disertai Google Maps yang mampu menampilkan denah & foto dari dalam gedung karena mendapat bantuan sensor gyroscope. Google Nexus 7 yang ditenagai prosesor nVidia Tegra 3 ini diklaim mampu memainkan game 3D dengan baik dan lancar.

Berbicara mengenai spesifikasi, Google Nexus 7 dibekali dengan prosesor quad-core dengan speed 1,3Ghz Tegra3 dari nVidia. Dengan RAM sebesar 1GB, display IPS dengan resolusi 1280×800, kamera 1,2 Megapixel, Bluetooth, WiFi dan NFC membuat tablet ini lebih unggul dibanding dengan Kindle Fire. Ditambah lagi dengan baterai sebesar 4235mAh, diklaim dapat membuat tablet ini memiliki waktu aktif 8-9 jam. Namun sayang sekali Google Nexus 7 tidak memiliki fitur untuk penyimpanan eksternal seperti microSD atau yang lainnya.

Dimensi Google Nexus 7 adalah 198,5 x 120 x 10,45 mm dan memilki berat 340 gram. Tablet ini dibanderol seharga $199 untuk kapasitas penyimpanan 8GB dan $249 untuk kapasitas 16GB. Dengan membeli Google Nexus 7, anda juga mendapatkan saldo sebesar $25 untuk digunakan berbelanja di Google Play Store. Tablet ini direncanakan akan dijual mulai Juli 2012 dan sudah bisa dipesan melalui situs Google Play. Namun untuk sementara Nexus 7 baru tersedia untuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Australia. Untuk negara lain, terutama Indonesia sendiri, Google belum mengumumkan kapan akan tersedia dan diperjualbelikan disini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *