Kehadiran Toyota Fortuner di Indonesia

Toyota Fortuner

Pada tahun 2005, Toyota Fortuner diperkenalkan pada ajang pameran mobil di Jakarta, yakni Jakarta International Motor Show. Segmen Toyota Fortuner adalah berada di bawah Toyota Land Cruiser dan Toyota RAV4. Pada saat itu Toyota Fortuner masih diimpor langsung oleh Toyota Astra Motor dari pabriknya di Thailand. Toyota Fortuner mulai dirakit di Indonesia ketika didatangkan dalam bentuk CKD dari Thailand pada tahun 2007. Tiga tahun kemudian, perakitan seri Fortuner dialihkan ke Toyota Indonesia dikarenakan ditutupnya salah satu pabrik perakitan Toyota di Thailand pada tahun 2010.

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner di Indonesia memiliki beragam variasi, yakni seri G dengan transmisi manual dan otomatis, G Lux dengan transmisi otomatis dan seri V dengan transmisi otomatis. Fortuner dengan harga yang termurah disandang oleh seri G dengan transmisi manual dengan mesin D-4D 2500 cc berpenggerak dua roda belakang. Variasi selanjutnya adalah G dengan transmisi otomatis dengan mesin 2TR-FE berkapasitas 2700 cc VVTi berpenggerak roda dua belakang. Lalu kemudian ada G Lux dengan transmisi otomatis yang memiliki spesifikasi sama persis dengan G dengan transmisi otomatis. Hanya saja yang berbeda adalah pada jok yang terbuat dari kulit dan adanya CD changer 6 in dash. Toyota Fortuner termahal tentu saja seri V yang memiliki semua fasilitas dari G Lux dan menggunakan penggerak empat roda atau 4×4.

Untuk para penyuka mesin Diesel yang berbahan bakar solar, Toyota Fortuner di Indonesia juga dipasarkan dengan mesin Diesel 2KD-FTV 2.5 L D-4D berkapasitas 2500 cc. Mesin ini mengadopsi teknologi Common Rail Injection yang juga digunakan pada mesin Toyota Innova versi diesel. Varian ini pertama kali dimunculkan pada Agustus 2007 dan hanya menggunakan transmisi manual saja. Namun pada tahun 2009, Toyota Fortuner dengan mesin diesel dan transmisi otomatis juga diluncurkan. Toyota Fortuner memang sangat disukai di Indonesia, utamanya dikarenakan oleh kondisi alam yang terjadi di Indonesia dan juga karakteristik masyarakat Indonesia sendiri. Karakter orang Indonesia yang suka pergi bersama-sama seperti piknik sekeluarga atau dengan teman-teman sangat cocok dengan Toyota Fortuner yang dapat menampung hingga tujuh orang dewasa dengan leluasa.

Sementara untuk masalah alam, Indonesia memiliki jalan yang tidak mulus dan terkadang banjir. Dengan ground clearance yang tinggi, maka medan yang berat dan banjir dapat dilalui dengan baik. Di mata konsumen bisa dikatakan bahwa produk Toyota Fortuner ini bisa dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan adanya klub Toyota Fortuner di Indonesia yang terbentuk pada tanggal 13 Mei 2007 yang bernama ID42NER, yang jika dibaca menjadi ID Fortuner atau Fortuner Indonesia. Klub ini menyelenggarakan acara berkumpul setiap bulan untuk anggotanya. Yang menarik perhatian, ternyata Fortuner juga dimiliki oleh Presiden Republik Indonesia kita, Susilo Bambang Yudhoyono, yang sering tampak pada saat pemilu 2009 lalu.

Semua Toyota Fortuner yang dijual di Indonesia bermesin dengan kapasitas kecil. Tentu saja ini tidak cocok dengan karakteristik medan di luar Jawa yang minim jalan aspal.Akan tetapi, kendaraan yang masuk ke Indonesia dengan mesin berkapasitas lebih dari 3000 cc dan berpenggerak empat roda 4×4 akan dikenakan pajak yang lebih tinggi sesuai aturan perpajakan Indonesia. Oleh karena itu khusus pasar Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, Toyota mengimpor khusus Toyota Fortuner dengan mesin 3000 cc dan berpenggerak empat roda bagi yang berminat. Tentu saja harganya tidak sama dengan versi yang lain.

Demikian ulasan singkat kami mengenai Toyota Fortuner di Indonesia. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Toyota_Fortuner

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *