Indonesia sebagai daerah langganan petir

Indonesia sebagai daerah langganan petir

Sebagai negara khatulistiwa dan negara maritim, Indonesia adalah wilayah yang sangat difavoritkan untuk disambangi petir. Secara metereologis, Indonesia sangat memenuhi syarat terciptanya petir. Syarat tersebut antara lain adalah jumlah udara naik, tingkat kelembaban dan banyaknya partikel bebas. Oleh karena itu tak heran jika salah satu wilayah di Indonesia, yakni Bogor, Jawa Barat tercatat sebagai salah satu daerah dengan tingkat sambaran petir yang cukup tinggi. Akan tetapi tidak hanya bogor saja, di seluruh wilayah Indonesia, tercatat sambaran petir yang cukup luar biasa. Demikian pernyataan dari Reynaldo Zoro, peneliti di Laboratorium Teknik Tegangan Tinggi dan Arus Tinggi Kelompok Keilmuan Ketenagalistrikan, Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI) di Institut Teknologi Bandung. Indonesia sebagai daerah langganan petir

Dikutip dari VivaNews, Wilayah Indonesia lainnya memiliki jumlah kilatan petir yang cukup banyak. Sejumlah tempat lain di Indonesia memiliki potensi besar tersambar petir. Salah satunya adalah sepanjang Sumatera, sepanjang Banten hingga Kuningan juga sangat tinggi petirnya. Di daerah Jawa Timur bagian timur juga cukup tinggi, dengan adanya transmisi listrik tegangan tinggi di dunia milik PLN. Secara geografis, tempat di pinggir lautan dan dataran tinggi sangat berpotensi mendapatkan petir yang lebih besar. Saat ini petir sudah dipetakan, sehingga banyak pihak yang bisa menggunakan peta tersebut untuk mengantisipasi terjadinya petir. Berdasarkan peta petir, daerah Depok, Bogor, Jakarta Selatan, Kuningan, Semarang, Kudus, Bojonegoro dan Bondowoso memiliki tingkat sambaran petir yang tinggi. Pada umumnya petir kuat ada di daerah yang secara geografis adalah pinggir laut atau daerah pegunungan.

Namun demikian, petir bukanlah musuh manusia. Petir memang memiliki potensi yang merusak, bahkan bisa menghilangkan nyawa, namun petir juga memberikan nilai manfaat dari tenaganya untuk menghasilkan Ozon dan Nitrat secara alami. Lebih dari 50 persen dari Ozon dan Nitrat dihasilkan ketika terjadi petir. Jadi petir itu bukanlah musuh manusia, bahkan dalam kondisi tertentu justru membantu manusia. Demikian menurut Reynaldo Zoro. Maka dari itu banyak negara yang menyesalkan bahwa di Indonesia keberadaan pohon selalu ditebangi untuk kepentingan sesaat. Padahal Indonesia adalah penyumbang Ozon dan Nitrat yang besar. Secara alamiah, petir akan turun ke tanah, maka dari itu harus diberi jalan yang aman untuk sampai ke tanah. Kita harus tahu caranya bagaimana untuk tidak memusuhi petir. Petir ini sangat penting, jikalau memang suaranya menggelegar, memang sudah seharusnya begitu.

Mengenai petir yang mengancam peralatan elektronik, Zoro mengatakan bahwa ada sebuah sistem yang dapat digunakan untuk memproteksi supaya peralatan tersebut dapat terhindar dari kerusakan. Peralatan elektronik dapat diberi perlindungan tertentu dan itu ada teknik serta ilmunya. Jadi, kita tidak perlu takut kepada petir. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/365082-indonesia-rawan-petir–bahaya-yang-memberi-manfaat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *